2014/04/19 at 7:35 PM
Breaking News
Home » About Taekwondo » Perbedaan Taekwondo ‘ITF’ dan ‘WTF’

Perbedaan Taekwondo ‘ITF’ dan ‘WTF’

(Dicuplik dengan beberapa editing dari discussion board Grup Facebook Taekwondo Indonesia, oleh Sabum Triono)

Awal Mula Taekwondo

Begitu banyak aliran bela diri yang ada sejak dulu di Korea. Beberapa yang terkenal sampai sekarang ialah TAEKWONDO ITF, TAEKWONDO WTF, HAPKIDO, KUMDO, HWARANGDO, TANGSUDO, KUKSOLWON, TAEKKYON, dan lain-lain.

Pada akhir perang kemerdekaan Korea, ada TANGSUDO yang didrikan oleh Mr. Hwang Kee. Mengingat begitu besarnya organisasi ini, banyak pihak termasuk pemerintah ingin memanfaatkannya untuk kepentingan lain, misalnya politik. Mr. Hwang yang tidak ingin TANGSUDO dikotori oleh politik akhirnya dianggap sebagai oposisi pemerintah dan akhirnya hijrah ke Amerika Serikat. Salah satu murid beliau yang terkenal adalah Chuck Norris yg sekarang mendirikan CHUN KUK DO & WCL (World Combat League)

Sepeninggal Mr. Hwang, TANGSUDO di Korea tetap berjalan. Hingga akhirnya pada tahun 1955 diadakan pertemuan besar penyatuan aliran-aliran beladiri yang ada di Korea dan disetujui dinamakan TAEKWONDO atas prakarsa Jendral Choi Hong Hi, meski ada juga beberapa aliran yang tidak berafiliasi.

Seperti halnya Mr. Hwang, dalam perkembangannya Jendral Choi juga menjadi oposisi pemerintah Korea. Beliau kemudian hijrah ke Kanada dan mendirikan ITF (International Taekwondo Federation).

Di Korea sendiri TAEKWONDO tetap berjalan dengan didirikannya WTF (World Taekwondo Federation) dengan markas besarnya Kukkiwon. Adanya TERC (semacam Litbang) di Kukkiwon menjadikan WTF telus membenahi diri, baik dalam hal organisasi maupun penyempurnaan teknik.

Apa Bedanya ITF & WTF di masa kini?

Saya tidak setuju dengan pendapat yang mengatakan ITF mirip KARATE. Yang mirip mungkin hanya tingkatan sabuknya saja, itu pun diikuti oleh hampir seluruh bela diri. Grading tersebut merupakan hasil ciptaan Gichin Funakoshi (bapak Karate Shotokan). Memang benar ITF didirikan oleh Jendral Choi, seorang ahli TAEKKYON & penyandang DAN II KARATE, namun teknik-teknik ITF secara lugas terlihat berbeda dengan KARATE. Perbedaan yang mencolok terlihat dalam gerakan-gerakannya. Di KARATE, setiap gerakan menekankan Titik Berat Badan (TBB) yang linear dan tidak berubah (tidak boleh naik-turun), sebaliknya di ITF setiap gerakan terlihat mengedut-edut. Bertolak belakang bukan? Hebatnya lagi, di ITF para pelatih bisa menjelaskan setiap dasar gerakannya secara ilmiah, baik Fisika maupun Biomekanika. Wonderfull….

TAEKWONDO WTF lebih mengikuti arus perkembangan jaman di mana bela diri saat ini berfungsi sebagai lifestyle. Lihat saja anak usia superprajunior (kadet) pun bisa mengikuti pertandingan tanpa persyaratan yang terlalu berat. Syaratnya, harus mau memakai alat-alat pelindung secara lengkap. Pertandingan TAEKWONDO ITF diselenggarakan tanpa menggunakan pelindung badan, tetapi menggunakan footglove (semacam sepatu) dan handgloves. Tentu saja atlet yang bertanding harus memenuhi kualifikasi tertentu, paling tidak si atlet telah berlatih intensif dan lebih makan waktu, sehingga siap bertanding tanpa pelindung.

Secara umum, ITF lebih menonjolkan sisi self defence dan menjaga tradisi serta pakem-pakem teknik dasar (taekwondo), sedangkan WTF lebih menonjolkan lifestyle, terutama teknik-teknik (yang digunakan) dalam pertandingan, serta selalu ada perkembangan terbaru mengenai teknik-tekniknya. Sejak tahun 1972 seragam TAEKWONDO WTF diubah, dari seragam yang mirip Karategi menjadi seragam yang diilhami baju tradisional Korea (Han Do Bok).

Catatan: terima kasih kita ucapkan kepada Sabum Triono atas informasi mengenai hal ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan tentang Taekwondo bagi masyarakat umum pada umumnya, dan terutama bagi para Taekwondoin.

About Yaenal Zamrinata

Mechanical Engineering Education, UNS | IT Engineering Teacher I Blogger @kotangawi.com I Web Programmer I Blackbelt, Dewan Penasehat @TaekwondoUNS I Drummer @Fiesto
  • http://www.taekwondo-training.com tae kwon do

    Tremendous content we need to spread the word about this site.You should have much more recognition .